About Me

Cinta

Cinta itu angkuh dan lembut. Lebih baik memiliki cinta daripada memiliki semua bintang di langit.

home

BISNIS FAST FOOD FRIED CHICKEN PEDAGANG KAKI LIMA

















KATA PENGANTAR
      Puji syukur Penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikanrahmat, hidayah serta karuniaNya sehingga Penulis dapat menyelesaikan makalah yang di beri judul dengan Bisnis Fast Food Fried Chicken Pedagang Kaki Lima Shalawat dan salam Penulis sampaikan kepda Nabi Besar Muhammad SAW,keluarga, sahabat dan umatnya. Usaha fried chicken kaki lima sudah lama ada dan tumbuh seuig perkembangan suatu kota. Usaha fiied chicken kaki lima ini memiliki prospek yang cukup baik, dalam menciptakan lapangan usaha dan peinerataan pendapatan bagi masyarakat. Dengan demikian pengembangan usaha fiied chicken kaki lima perlu dikaji lebih lanjut, dilihat dari faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perkembangannya.
      Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini terdabat bnyak kekurangan dan jauh dari kata sempurna, dan oleh karena itu saran dan kritik yang bersifat membangun akan sangat penulis harapkan untuk pembuatan makalah yang selanjutnya. Semoga dengan di buat nya makalh ini akan berguna sangat berguna bagi pembacanya.











DAFTAR ISI

COVER......................................................................................    ...i
KATA PENGANTAR................................................................... ...ii
DAFTAR  ISI...............................................................................   ...iii
BAB I PANDAHULUAN.................................................................1
A.  Latar Belakang..........................................................................1
B.  Rumusan masalah.....................................................................2
C.  Tujuan........................................................................................3
BAB II PEMBAHASAN...................................................................4
A.  Fried Chicken dan Sejarah nya.................................................4
B.  Cara Pengolahan Fried Chicken...............................................6
C.  Biaya yang di keluarkan dalam fried chicken............................7
D.  Pendapatan yang di dapat........................................................8
E.  Cara pemasarn yang dilakukan................................................9
F.   Faktor pendukung dan penghambat........................................11
BAB III PENUTUP........................................................................13
A.  Kesimpulan..............................................................................13
B.  Saran.......................................................................................13
DAFTAR PUSTAKA......................................................................iv



BAB I
PENDAHULUAN


A.          LATAR BELAKANG

            Dewasa ini bisnis wralaba tumbuh kian pesat di indonesia, terutama untuk produk Hamburger dan Fried Chiken(Ayam goreng), yang telah di kenal dengan istilah makanan siap saji (Fast food) Kehadiran nya meperoleh sambutan dari berbagi kalangan masyarakat, terutama yang bermukim di kota besar.
     Perkembangan bisnis fast food berlangsung sangat cepat meskipun kenyataan nya perushaan tersebut menawarkan produk yang bukan makanan sehari-hari bagi orang Indonesia.
Perushaan fast food bisa di katakan sukses menjaring konsumen, kita mengenal nama-nama populer waralaba asing seperti Kentucky, Texas, Arby’s, Mc Donald, dan lain-lain selain itu juga terdapat waralaba lokal seperti Ayam goreng mama, Cimo cimi, dan lain lain. Dengan perkembangan yang pesat ini maka pengusaha di tuntut untuk memiliki kemampuan dalam usaha nya sehingga dapat menyusun strategi yang baik.
     Selain usaha-usaha waralaba yang besar ternyata bnyak juga pedagang kaki lima yang berbisnis dalam bidang tersebut yang kebanyakan bejualan di depan super market, dan mini market, dan rata-rata mereka berjualan makanan fast food yaitu Fried Chiken banyak pula pedagang kaki lima tersebut yang merauk byak untung dari usaha tersebut, hal ini di karenakan banyak dari kalangan masyarakat yang menyukai makanan tersebut dari anak-anak hingga orang dewasa.



B.          RUMUSAN MASALAH
Usaha fried chicken kaki lima dengan segala kesederhanaan dan keterbatasannya, nampaknya memiliki potensi dan peranan yang tidak kecil terhadap pembangunan nasional. Sebagai usaha sektor informal, fried chicken kaki lima ini mampu berperan sebagai produsen dalam pengadaan dan memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah perkotaan berupa produk olahan makanan cepat saji. Selain itu usaha fried chicken kaki lima ini juga dapat menyerap tenaga ke j a teranpil sehingga dapat menopang kehidupan masyarakat yang tidak mampu memenuhi kebutuhannya dari sektor formal, sekaligus mengurangi pengangguran di wilayah perkotaan, Dengan demikian pengembangan usaha fried chicken kaki lima perlu dikaji lebih lanjut, dilihat dari faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perkembangannya serta tenaga kerja yang mampu terserap pada usaha ini sehingga dapat memberikan keuntungan bagi perkembangan suatu wilayah,
Secara lebih spesifik, maka permasalahan dalam penelitian ini dimmuskan sebagai berikut :
1.   Apa itu fried chiken dan Sejarah fried chicken?
2.   Cara pengolahan Fried Chicken?
3.   Jumlah dana yang akan di keluarkan untuk usaha fried chicken pedagang kaki lima?
4.   Omset yang akan di trima dalam usaha Fried Chicken?
5.   Bagimana cara pemasaran usaha Fried Chicken pedagang kaki lima ?
6.   Apa faktor-faktor pendukung dan penghambat pengembangan usaha fried chicken kaki lima?







C.          TUJUAN
            Berdasarkan permasalahan yang telah diuraikan, maka tujuan dari penelitian ini adalah :
1.   Mengetahui sejarah Fried chiken
2.   Mengetahui perkembangan fried chiken padagang kaki lima
3.   Mengetahui tingkat pendapatan usah fried chiken kaki lima
4.   Mengetahui cara pemasaran fried chiken
5.   Cara pembuatan fried chiken
6.   Mengetahui biaya yang di keluarkan pedagang fried chiken

















BAB II
PEMBAHASAN
A.   Fried Chiken dan sejarah nya
        Ayam goreng tepung berbumbu atau yang sering disebut dengan istilah Fried Chicken ini paling praktis dan selalu menjadi favorit semua orang. Usaha ayam goreng tepung berbumbu ternyata paling mudah dijalankan dengan hasil yang maksimal. Selain di restoran termuka menu ayam juga mudah dijumpai di kaki lima dengan harga murah.  Ayam goreng siap saji pada restoran fast food pada umurnnya berasal dari daging ayam broiler yang diolah dengan memberi burmbu serta dicampur dengan tepung. Ayam broiler merupakan ayam ras yang produksi utamanya daging dengan pertumbuhan berat badan yang sangat cepat dan tinggi, dalam waktu yang singkat yaitu pada umur lima sampai enam minggu berat badannya bisa mencapai 1,4-1,6 kg Daging ayam yang digunakan sebagian besar dalam bentuk karkas, dimana karkas merupakan hasil pengelolaan ayam broiler yang meliputi pemotongan, pencabutan bulu, pengeluaran jeroan, pemotongan kaki dan kepala, sehingga diperoleh bagian tubuh daging ayam tanpa bulu, darah, kaki, kepala, leher dan jeroan. Fungsi pengolahan ayam pedaging mengalami perkembangan seiring dengan kemajuan masyarakat dan selera konsumen yang beragam. Awalnya ayam pedaging ini dijual hidup, kemudian beralih kepada usaha pengelolaan ayam hidup menjadi karkas siap masak utuh, kemudian menjadi karkas siap mas& yang dipotong-potong menjadi bagian-bagian tertentu dan dilanjutkan dengan pengolahan daging ayam siap saji.
        Awal mula makanan fried chiken di kenal berawal dari seorang bernama Harland D. Sanders.
Harland D. Sanders lahir pada tahun 1890 di sebuah ladang yang berdekatan dengan Hendryville, Indiana. Ayahnya meninggal ketika ia berusia enam tahun. Itu menyebabkan ibunya harus bekerja sebagai tukang jahit baju sedangkan ia juga terpaksa menjaga adik - adiknya yang masih kecil. Pada saat itulah ibunya mengajarkan seni masakan daerah. Tidak berapa lama setelah ibunya kawin lagi, Harland D. Sanders yang pada saat itu berusia 12 tahun telah berhenti sekolah. Dia keluar rumah untuk mulai bekerja. Di antara pekerjaan awalnya termasuk bertani, penyelia pekerjaan landasan kereta api, kondektur, penjual asuransi, masinis, kapal uap, dan masih banyak lagi. Akhirnya, Harland D. Sanders membuka sebuah terminal layanan yang sukses di mana dia menyediakan masakan istimewa kepada para pelanggan - ayam goreng, semeja 6 orang.
        Nampaknya nasib malang merupakan teman setia Sanders. Pada tahun 1939, bisnisnya terpuruk dan nyaris bangkrut. Tanpa rasa putus asa, Sanders mendirikan sebuah restoran dan motel dengan gaya baru. Siapa pun yang ingin mengunakan telepon umum atau hendak ke toilet wanita harus melalui replika kamar motelnya yang terdapat di situ. klan ini sukses untuk mengembangkan bisnis motelnya. Ketika pendapatan yang di peroleh agak bagus, satu masalah lain muncul. Ada jalan raya baru yang membuat semua pelanggan lebih suka lewat jalan baru itu sehingah tidak melewati motelnya. Tingkat hunian motel mulai merosot, dan Sanders melelang semua bisnisnya . Namun hasil jualannya hanya cukup untuk membayar utang yang ada Meski Harland D. Sanders sudah berusia 66 tahun ketika itu, ia tidak mempunyai apa-apa yang dapat dibanggakan. Dengan hidup di bawah tanggungan dinas sosial, Sanders berencana mencari segmen pasar baru yang sesuai. Satu-satunya harta paling bernilai yang dimilikinya adalah resep rahasia yang di beri nama "ayam goreng kentucky". Menjelang tahun 1956, Sanders telah berhasil meyakinkan belasan restoran guna memasak dan menjual ayam goreng Kentucky ; dan memberinya US 4 sen sebagai royalti untuk setiap potong ayam goreng yang terjual. Gembira dengan kesuksesan yang di peroleh, Sanders lalu memuati mobil pikap model 1946 miliknya dengan 50 resep ramuan bumbu dan sebuah periuk untuk ditawarkan kepada beberapa orang yang mau membeli waralaba resepnya. Menjelang tahun 1960, sebanyak 400 buah restoran di Amerika dan Kanada telah meyediakan ayam goreng Kentucky.
        Dalam waktu 4 tahun, jumlah tempat jualan ayam goreng Kentucky telah meningkat menjadi 650 restoran dengan omset penjualan per tahun bernilai US$37 juta. Saat ini terdapat hampir 10.000 restoran ayam goreng kentucky di seluruh dunia dengan lebih dari 200.000 karyawan dan omset penjualan per tahun lebih dari US$8.2 milyar.

B.  Cara Pengolahan Fried Chiken
        Pertama yang harus di siapkan adalah bumbu-bumbu nya di bawah ini adalan bumbu-bumbu untuk membuat fried chicken
Bumbu-bumbu ayam fried chicken sbb :
1.   2-3 ons ayam yang telah dipotong-potong
2.   1 liter air
3.   3 sendok makan garam (untuk rendaman)
4.   1 cangkir susu
5.   1 buah telor, dikocok
6.   2 cangkir tepung terigu
7.   1 sendok teh MSG (Mi-Won, Aji No Moto, Sasa, dll)
8.   1 sendok makan garam
9.   1 sendok teh black pepper
lalu kerjakan hal di bawah untuk langkah selanjutnya :
·         PENTING! Rendam ayam dalam air dan garam selama setengah jam, tidak kurang tidak lebih.
·         Campur telur dan susu dalam wadah tersendiri, kocok sampai menyatu.
·         Campurkan tepung terigu, MSG, garam dan merica dalam wadah tersendiri.
·         Masukkan minyak ke dalam wajan sampai terisi 3/4-nya dan panaskan dengan api sedang. Atau jika anda menggunakan deep-fryer (lebih bagus pake ini) panaskan sampai 180C. Bisa juga diganti dengan memakai pressure cooker.
·         Keringkan ayam dengan paper towel. Lumuri ayam dengan campuran tepung terigu, masukkan ke dalam campuran telur dan susu, dan sekali lagi lumuri dengan tepung sampai seluruh bagian ayam terselimuti tepung.
·         Kalau anda menggunakan deep-fryer, balik ayamnya setelah 20 menit. Kalau anda menggunakan wajan biasa jangan lupa bahwa kita menggunakan api medium, dan pastikan seluruh bagian ayam terendam dalam minyak!! Balik ayam setelah 30 menit.
·         Setelah matang, tiriskan dan keringkan minyaknya dengan paper towel.
C.  Biaya yang di keluarkan dalam usaha Fried Chicken
                   Pengeluaranlbiaya total adalah nilai penggunaan sarana produksi/iiput dan lain-lain atau menipakan penjumlahan dari biaya variabel dan biaya tetap. Biaya variabel adalah biaya yang besar kecilnya dipengaruhi oleh jumlah produksi. Biaya variabel terdii dari biaya bahan baku seperti ayam, tepung terigu, bumbu-bumbu, saos sambal, biaya perlengkapan seperti kantong plastik dan kantong kertas, biaya minyak goreng, biaya bahan bakar seperti minyak tanah dan gas, serta biayatransportasi.
Biaya vriabel sebgai brikut :
1.   Biaya pengluaran Ayam  perbulan  mencapai 441,37kg/bulan dan harga satuan nya Rp15.287 total biaya perbulan Rp6.916.953
2.   Tepung terigu perbulan yang di gunakan perbulan mencapai 217,15 harga per 1kg Rp4.355 total pengluaran per bulan adalah Rp925.938
3.   Pengluaran perbulan untuk mebeli Bumbu – bumbu sebesar 336.700
4.   Saos sambal yang di pakai selama 1bulan mencapai 198,75bngks  harga per bngks nya Rp2.458 total pengluaran perbulan mencapai Rp494.000
5.   Kantong plastik yang di perlukan selama 1bulan mencapai 102,00bks harga per stuan nya Rp2.418 total perbulan adalah Rp166.405
6.   Kantong kertas yang di perlukan selama 1bulan 54,00rim harga persatuan nya Rp2.620 total perbulan mencapai 136.750
7.   Minyak goreng yang diperlukan selama 1bulan 118,80kg harga persatuan nya Rp6.788 total biaya yang di keluarkan per bulan Rp806.613
8.   Gas LPJ yang di perlukan selama 1bulan 6kg per3kg harga persatuan nya Rp13.750 total perbulan mencapai Rp27.500
9.   Minyak tanah yang di pakai 114,26/liter harga satuan Rp2.581 total pengluaran Rp295.213
10.                Biaya transportasi 93.875
Total biaya variabel perbulan adalah Rp10.199.945

Biaya tetap
          Biaya tetap adalah biaya yang besar kecilnya tidak dipengaruhi oleh jumlah produksi. Biaya tetap yang ditung dalam penelitian ini terdiri dari biaya sewa tempat, biaya keamanan dan kebersihan, biaya tenaga kerja, biaya listrik, biaya penyusutan tenda dm biaya penyusutan peralatan seperti gerobak, etalase, kompor, penggorengan, sodet, serokan minyak, baskom, ember, meja dan kursi, jepitan, nampan, pisau, talenan, ayakan tepung, timbangan dan pompa.
1.   Sewa tempat Rp67.975
2.   Keamanan dan kebersihan Rp31.458
3.   Biaya tenaga kerja Rp34.750
4.   Biaya penyusutan tenda Rp5.276
5.   Biaya penyusutan peralatan Rp30.875
Total biaya tetap Rp479.529
Jadi biaya keseluruhan antara biaya tetap dengan biaya variabel mencapai Rp10.670.529

D.  Pendapatan/Omset yang akan di dapat
          Omset yang akan di dapat itu tergantung berapa banyak makanan yang terjual, apa bila bnyak jumlah orang yang membeli maka penjual akan mendapat untung dan sebalik nya, berdasarkan observasi yang saya lakukan inilah pendapatan yang di terima dari penjualan fried chicken :
1.   Penjualan dada ayam yang di peroduksi selama 1bulan mencapai 2.125potong harga setuan nya Rp2.575 total penjulan yang di dapat mencapi Rp5.5575.512
2.   Penjualan paha atas yang terjual selama 1bulan mencapai 1.263potong harga satuan Rp2.469 total yang di terima selama 1bulan Rp2.269.175
3.   Penjualan paha bawah besar nya yang terjual kisaran 967potong  harga satuan Rp2.470 total yang di dapat selama 1bulan Rp2.437.737
4.   Penjualan sayap perbulan mencapai 934potong dengan harga satuan Rp2.150 total yang di dapat selama 1bulan Rp1.953.975
5.   Penjualan punggung mencapai 1.475potong/bulan harga satuan Rp1.273 total yang di dapat Rp976.750/bulan
6.   Penjualan hati ampela mencapai 428potong/bulan harga satuan nya Rp 2.125 total penjualan Rp91.125
7.   Penjualan usus 338potong/bulan harga satuan nya Rp1000 total yang didapat dari penjualan Rp71.250
8.   Penjualan kepala mencapai 489potong/bulan harga satuan nya Rp987 total yang di dapat selama 1bulan dari penjualan kepala Rp208.012
9.   Penjualan ceker 593potong/bulan harga satuan nya Rp525 total yang di dapat dari penjualan tersebut mencapai Rp18.100

Total dari penerimaan jumlah dari semua nya yang terjual mencapai 8.612potong/bulan dengan total pendapatan Rp13.601.637.
     Jadi total pendapatan yang akan di terima setiap bulan mancapai Rp2.931.180

E.  Cara pemasaran yang dilakukan
          Cara pemasaran yang di lakukan oleh pedagang kaki lima ada byak hal seperti pembuatan logo, pembuatan brosur iklan, logo yang di paki di plastik pembungkus dan lain nya. Dan Ekspansi bisnis ayam goreng tepung berbumbu tidak hanya dilakukan oleh pemegang lisensi waralaba Amerika seperti Mc Donald, Kentucky, Texas, dan Califonia Fried Chicken. Pengusaha lokal pun tidak mau kalah, terbukti dengan inerebaknya pedagang fried chicken kaki lima beberapa tahun terakhir ini. Bila diperhatikan di tiap-tiap pasar, tepi jalan, emperan pertokoan maupun perempatan dan pojok-pojok jalan akan terlihat pedagang fried chicken kaki lima menggunakan gerobak dorong atau menyewa kios berukuran kecil.
          Untuk menarik perhatian pemnbeli, ayam yang telah digoreng diletakkan dalam etalase kaca yang disinari lampu listrik yang terang. Para pedagang tersebut tidak mau kalah dari pengusaha restoran cepat saji fried chicken asing lainnya, karena pedagang juga memberikan merk sesuai dengan keinginan sendii tanpa mempedulikan apakah penulisannya benar atau salah (misalnya : "Kentab Fried Chicken" atau "Fred Chicken"), selain itu juga ada yang membei nama seperti Dallas Fried Chicken, Kentucku Fried Chicken, Nanda Fried Chicken, Rahasia Fried Chicken, Rasoki Fried Chicken, ABG Fried Chicken dan Joel-Jul Fried Chicken.Pedagang fried chicken kaki lima memberikan harga yang murah untukpotongan ayam yang dijualnya. Harga yang relatif murah tersebut menarik perhatian konsumen dari berbagai golongan pendapatan.
          Selain harga yang mewah, dalam menentukan lokasi be jualan yang strategis pun dapat menarik konsumen. Pedagang cenderung memilih tempat-tempat yang ramai agar mudah dalam menjual dagangannya sekaligus mudah mendapatkan calon pembeli, karena lokasi-lokasi yang ramai merupakan tempat berkumpul dan lalu lalang orang. Pedagang fried chicken kaki lima pada unumnya tidak pernah melakukan promosi, karena masyarakat telah mengenal ayam goreng tepung berbumbu dari promosi yang dilakukan wadaba besar melalui iklan televisi, radio, atau media masa lainnya. Responden hanya menjual di tempat sebagaimana pedagalg kaki linla lainnya berjualan, namun untuk menarik konsumen, pedagang fried chicken kaki lima membuat gerobak atau kios semenarik mungkin, juga dengan meningkatkan cita rasa ayam goreng tepung berbumbu sehingga pembeli akan menjadi pelanggan tetap.
Dan di bawah ini adalah beberapa strategi yang di lakukan oleh pedagang friad chicken untuk menarik para konsumen
1.   Kemasan yang menarik
2.   Rasa yang enak dan khas
3.   Komunikasi dan promosi seperti penempelan brosur
4.   Menerima pesanan

F.   Fakto pendukung dan Penghambat usaha fried chicken
1.   Faktor pendukung
          Dikarenakan modal yang kecil dan mudah mendapat kan nya Usahafried chicken kaki lima merupakan usaha informal yang berskala kecil dan tidak membutuhkan modal usaha yang besar. Dari data yang diperoleh , rata-rata modal awal pedagang fried chicken kaki lima yaitu sebesar Rp2.93 1.250. Pedagang fried chicken kaki lima dalam memutar roda usahanya lebih banyak menggunakan modal sendiri (62,5%). Selain itu ada juga pedagang yang menggunakan modal sendiri dengan tarnbahan pinjaman baik dari orang tua, anggota keluarga lainnya ataupun ternan.
                   Selain itu perolehan keuntungan nya juga cukup besar Jika diliiat dari penghasilan yang diperoleh pedagang fried chicken kaki lima,rata-rata pendapatan nya sebesar Rp2.931.108,65/ bulan/ pedagang. Usaha fried chicken kaki lima bisa dikatakan Iayak untuk dikembangkan.
Selain itu makanan berbahan dasar ayam merupakan makan favorit orang indonesia, dan fried chicken disukai mulai dari kalangan anak-anak hinga orang dewasa selian itu fried chicken mudah di buat dalam sekala benyak.
2.   Faktor penghambat
          Kenaikan harga ayam yang dirasakan pedagang biasanya juga diikuti oleh kenaikan harga bahan baku pendukung lainnya, seperti bahan dasar untuk bumbu, tepung, saos, minyak goreng, clan harga minyak tanah sebagai bahan bakar utama. Akan tetapi jika terus terjadi kenaikan harga untuk semua bahan baku yang sangat tinggi, juga dapat menjadi penghambat para pedagang untuk tetap melakukan kegiatan usahanya. Hal hi dapat mempengaruhi berkurangnya jumlah omzet yang dapat disediakan setiap harinya. Berkurangnya jumlal omzet mengakibatkan keuntungan yang diperoleh juga semakin kecil, dikarenakan para pedagang tersebut tetap memberlakukan harga jual yang sama untuk setiap potongannya dan tidak menutup kemungkinan para pedagang bisa mengalami kerugian.
                      Usaha pedagang kaki lima merupakan sektor ekonomi lemah dan hidup subur di daerah perkotaan pada negara-negara berkembang. Ketidak-jelasan pemerintahkota dalam menolak atau menerima pedagang kaki lima menyebabkan para pedagangtersebut tidak terorganisir dan tidak te rjangkau oleh kebijakan ekonomi pemerintah. Pemerintah Daerah atau Pelnerintah Kota di kebanyakan tempat cenderung memandang para pedagang kaki lima tidak saja mengganggu lalu lintas, tetapi juga menciptakati masalah-masalah tertentu di bidang kesehatan dan kebersihan karena tempat berjualan mereka berada di tempat-tempat mum seperti di emperan toko, tepian jalan raya, pasar-pasar, serta tanpa izin. Hal ini lah yang menjadi penghambat perkembangn pedegang fried chicken.




         






    







BAB III
PENUTUP

A.  KESIMPULAN
     Awal mula makanan fried chiken di kenal berawal dari seorang bernama Harland D. Sanders. Yang dengan ketekunan nya berusaha bangkit dari keterpurukan nya dan akhirnya dia berhasil membuat sebuah usaha yang bergerak dalam bidang makanan, dan ia mendapat ide tersebut dari resep peniggalan keluarganya.
      Cara pembuatan fried chicken pun sangat muda dan bahan-bahan yang di butuhkan juga mudah untuk di dapatkan. Perkembangan usah fried chicken pun memiliki prospek yang cukup baik dalam peluasan lapangan kerja dan perkembangan nya dan Prospek usaha fried chicken dilihat dari tingkat pendapatan cukup menguntungkan dan layak untuk dikembangkan. Pendapatan bersih rata-rata yang diterima pedagangfried chicken kaki lima sebesar Rp 2.931.108,65 perbulan.  
B.  SARAN
     Agar kita dapat meningkatkan ketekunan dan keuletan dalam berusaha dan berbisnis sehingga kita tidak selalu bergantung pada pemerintah tetapi kta bisa membuka suatu usaha baru yang dapat menyerap tenaga kerja degan begitu kita ikut mengurangi penganggura. Selain itu di sini kita bisa lebih mengnal lagi mengenai bisnis dan kita bisa lebih tau apa itu bisnis.


DAFTAR PUSTAKA
1.   Oservasi secara langsung kepada penjual
2.   file:///F:/file/ 102737-tahukah-anda-dengan-sejarah-kentucky-fried-chicken-kfc.htm
3.   waralabaku.com
                



Powered By Blogger

sonic